“Tips Menahan Godaan di Bulan Ramadhan”

           Tidak terasa Bulan Ramadhan kini sudah dekat didepan mata. Maka dari itu yuk kita luruskan niat kita untuk memperbanyak amal kebaikan dibulan ramadhan.  Selain itu juga pada Bulan Ramadhan kita harus bisa menahan godaan syetan. Banyak yang mengakui… menjalankan puasa sulit untuk mengendalikan godaan syetan.

Beberapa Tips Menahan Godaan di Bulan Ramadhan:

1. Luruskan niat!

Niat puasa  karena apa sih? Karena pengen di-cap sholeh? Demi ngirit uang makan? atau memang mengharap balasan kebaikan dari Allah? Niat ini akan menguatkanmu Sob, kalau niatnya bener, insya Allah godaan sedahsyat apapun kagak bakal mempan! Ibaratnya nih… orang naik Jaguar, terus digodain untuk naik sepeda! Yah kagak bakalan tergoda lah! Bayangkan saja kamu berpuasa sunah itu akan mendapat mobil sekelas Jaguar atau mercy atau BMW yang langsung diberi oleh Allah! Jadi jangan gentar cuma gara-gara ngeliat komik bokep atau temen sebelah makan bakso bola tenis! Lewat dah… tahan uji!

2. Pastikan makan sahur yaa..!!

Jangan sampai kamu makan sahur jam 8 malam! Sudah dijamin lemes keesokan harinya! Sekitar 15 menit sebelum azan Shubuh, sahurlah! Insya Allah manteb…

3. Hindari hal-hal yang menggoda nafsu, misalnya dengan cara mengumumkan kalau kamu lagi puasa!

Teman-temanmu yang tidak tahu kalau kamu lagi puasa bisa saja mengajakmu melakukan “macem-macem”, mulai dari makan di warung steak yang baru buka, mengomentari status gebetanmu atau mengghibah orang, pokoknya yang buat puasamu jadi tinggal lapar-haus doang tanpa pahala! Jadi, kalau kamu rasa dengan memberitahu mereka bahwa kamu sedang puasa bisa bikin mereka nggak menggodamu lagi, yah beritahukan saja! Tapi kalau kamu memberitahu eeh malah pada sengaja ngegodain, berarti mereka bukan teman yang baik, jadi ketahuan kan! ^O^

4. Menyibukkan diri dengan aktivitas!

Misalnya baca buku, buka annida-online.com, kirim-kirim tausiyah ke teman, bersih-bersih rumah, kerjain tugas, buat targetan. Biasanya sih dengan melakukan banyak aktivitas, jadi lupa kalau lagi puasa! Tau-tau udah adzan… eeh gak taunya baru azan Ashar, hehe…

5. Hindari kumpulan orang yang sudah ber-merek bigos (biang gosip) atau yang kerap kali membuat jengkel dan marah

Misalnya, kamu tau kalau dekat-dekat sama mertua bakal adu jotos ups maksudnya… adu mulut alias ribut! Ya sudah, selama puasa… hindari dulu sejenak! Atau, kamu kenal banget kalau si fulan itu paling hobi mengejekmu di Fb atau twitter, ya sudah jangan dilayani biar gak terpancing emosi! Begitu juga kawan-kawanmu yang demen ngomongin orang, hentikanlah dulu aktivitas begitu selama puasa sunah!

6. Kalau tidak ada pilihan lain, lebih baik tidur!

Bagaimana lagi, daripada nggak jelas juntrungan, mending tidur tapi diniatkan untuk ibadah! Dalam rangka menghindarkan diri dari ghibah, adu domba, marah, maupun godaan lainnya. Mudah-mudahan puasamu bawa berkah!

7. Warning!

Kalau memang kamu merasa tidak enak badan, kepala keleyengan, lemah, letih, lesu, saran Nida sih jangan paksakan diri Sob! Permudah… jangan persulit diri! Allah justru nggak suka sama hamba-Nya yang suka menganiaya diri sendiri looh! Pastikan puasa membuatmu sehat lahir-batin, jangan cuma sehat batin, tapi lahir K-O, gara-gara kondisi tubuh nggak fit tapi kamu paksain!

http://annida-online.com/artikel-2773-menahan-godaan-saat-puasa-sunah.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s