Menu Masakan Ramadhan

Memasuki bulan Ramadhan di negeri orang, ada perasaan rindu untuk menjalaninya di kampung halaman. Terutama rindu akan suasananya, mendengar suara bedug dan alunan azdan menjelang maghrib, tarawih bersama, berkumpulnya keluarga besar juga aneka hidangan khas yang tersaji saat sahur dan berbuka.

Untuk mengobati kerinduan itu sebisa mungkin kami ciptakan atmosfer yang tidak jauh berbeda dengan saat Ramadhan di Tanah air, salah satunya dengan sajian hidangan berbuka puasa dan sahur ala Asia dan ala Indonesia banget yang mirip-mirip saat masih di kampung dulu. Menu pun disusun agar hidangan setiap harinya variatif jadi menambah semangat anak-anak yang ikut menjalankan ibadah puasa.

Saking semangatnya setiap hari diusahakan memasak paling sedikit empat macam masakan, mhmm sesuatu yang jarang kalau hari biasa, sampai-sampai hampir setiap hari berkutat tiga hingga empat jam di dapur, hehehe. Tapi seneng kok, apalagi di bulan ini penuh berkah dan pahala yang berlipat, termasuk menyiapkan makanan untuk yang berpuasa😀.
Hari ke-1
(Menu Szechuan)
– Ayam saus kacang mete
– Cah sapi paprika
– Es Buah
– Pisang goreng panir

Hari ke-2
(Menu ala Ayam Goreng Jakarta, Puncak)
– Sop ikan kakap
– Udang goreng balut kelapa
– Kerupuk bawang
– Sambal goang
– Bubur ketan hitam

Hari ke-3
(Menu Soto Indonesia)
– Soto Tangkar
– Perkedel
– Acar
– Kerupuk Udang
– Kolak biji salak

Hari ke-4
(Grill Menu)
– Sate daging giling
– Sambal kecap
– Tumis spinazie cincang ayam
– Tempe mendoan
– Kolak pisang nangka

Hari ke-5,
(Menu ala Thai)
– Glazed Thai chicken
– Tom Yam
– Es Cingcau hitam
– Rujak buah

Hari ke-6
(Menu masakan Padang)
– Dendeng batoko
– Tumis boerenkol teri harum sereh
– Telur bumbu cabe
– Hot brownie ice cream

Hari ke-7,
(Menu ala Bambu Tirza, Bogor)
– Ikan gurame bumbu tauco
– Capcay udang sayuran
– Mie ayam jamur
– Kolak pisang candil ala eyang

Hari ke-8
(Menu Indonesia campur-campur)
– Cumi cabe hijau
– Tumis udang tahu pedas
– Sayur daun singkong (boerenkol)
– Kolak ubi merah pisang

Hari ke-9
(Menu ala rumah makan H. Nana, Cianjur)
– Nasi liwet khas Sunda
– Paru goreng gula asem
– Sambal dadak ala H. Nana
– Telur dadar ikan asin
– Lalap Bokcoy
– Es Kelapa muda

Hari ke-10
(Menu ala Padang, Trio Bogor)
– Gulai kikil
– kari kambing
– Gulai sayur kacang panjang
– Jus strawberry
– Puding coklat

Hari ke-11
(Menu ala jajanan kaki lima Gang Selot)
– Baso sapi
– Mie yamin ayam
– Soun goreng
– Es cendol
– Roti bumbu pizza lapis keju

Hari ke-12
(Menu ala Singapura)
– Wonton kuah
– Chili crab
– Cah baby kailan
– Es merah delima

Hari ke-13
(Menu Soto Indonesia campur-campur)
– Soto ayam harum
– Krupuk udang dan emping
– Sambal cabe rawit pedas
– Sosis panggang
– Kentang goreng
– Salad buah saus lemon

Hari ke-14
(Menu masakan Sunda, Manjabal Bandung dan Tasik)
– Gurame bumbu cobek
– Ayam goreng air kelapa
– Gado-gado
– Sambal terasi
– Brownies keju

Hari ke-15
(Menu ala Padang, Sari Ratu Jakarta)
– Daging iris cabe hijau
– Ayam pop
– Sambal ijo
– Asinan sayur
– Es buah rambutan

Hari ke-16
(Menu ala Raja Thai Seafood)
– Udang mayones
– Dimsum : hakau udang dan tim kaki ayam
– Salad mangga ala Thai
– Bubur sumsum

Hari ke-17
(Menu ala Jawa Timur)
– Rujak cingur (cingurnya diganti kikil)
– Tahu campur
– Pecel gurame harum wijen
– Tropical fruit mix ice

Hari ke- 18
(Menu Japanese Food Kelapa Gading)
– Sukiyaki
– Beef Teriyaki
– Macaroni crab
– Es leci sarang burung

Hari ke-19
(Menu ala Jogja)
– Gudeg jogja
– Ayam bakar jogja
– Telur dan Tahu bacem
– Es secoteng

Hari ke-20
(Menu ala Shanghai suka-suka)
– Sapo tahu seafood
– Egg chicken roll
– Salad sayur mayones
– Es merah delima water chessnut

Hari ke-21
(Menu grill kaki lima)
– Sate Ayam
– Sate maranggi
– Lontong
– Acar
– Es bubble melon

Hari ke-22
(Menu ala Jimbaran)
– King prawn bakar
– Cumi bakar kecap
– Cah kangkung seafood
– Fruit punch

Hari ke-23
(Menu jajanan asik di Bandung)
– Baso tahu & Siomay
– Otak-otak bakar
– Kwetiau goreng
– Yogurt buah fantasi

Hari ke-24
(Menu ala Cantonese food)
– Nasi goreng Canton
– Ayam nanking
– soup asparagus rajungan
– Jus Alpukat

Hari ke-25
(Menu ala ayam bakar Wong Solo)
– Ayam bakar solo
– Tumis kangkung ala wong solo
– Tempe penyet
– Sambal penyet ala wong solo
– Tiramisu

Hari ke-26
(Menu ala acara kumpul keluarga besar)
– Nasi liwet
– Ayam ungkep ala eyang
– Daging gula asem praktis ala eyang
– Tumis genjer(disini gak ada diganti Spinatzie berdaun besar)
– Sambal terasi
– Puding srikaya ala eyang

Hari ke-27
(Menu ala Cibiuk)
-Ikan mas/gurame bakar cobek cibiuk(ikan gurame aja deh soalnya ikan mas banyak durinya anak2 suka ribet makannya)
-Pepes ikan jambal
-Tumis kangkung lagi
-Sambal cibiuk
-Lime ginger

Hari ke-28
(Menu nasi Bogana ala Mangga dua campur FEUI)
Nasi sego bogana
Udang bumbu cabe merah
Tempe teri kacang panjang bumbu merah
Es Blewah FEUI
(blewah diganti melon serut, soalnya blewah disini gak ada)

Hari ke-29
(Menu ala Genki-Tei, Japanese food)
– Tepanyaki
– Ramen ayam pedas
– Dadar daging gulung
– Smoothie pisang-melon

Hari ke-30
(Menu ala nasi campur Bali)
– Sate lilit ikan Bali
– Ikan asin bumbu bali
– Sambal plecing kangkung
– Bubur sumsum durian

MENU IDUL FITRI

Alhamdulillah sebulan penuh berpuasa akhirnya tiba di hari kemenangan,….
semoga Allah menerima amal ibadah dan puasa kita di bulan Ramadhan, amiin.

Untuk idul fitri menunya menu yang biasa disajikan keluarga besar kami saat berlebaran. Sepertinya hampir sama dengan keluarga lain di Indonesia ya, selalu ada sajian ketupat yang disini gak ada jadi diganti lontong, gak apa-apa deh mirip-mirip dikit. Lalu yang khas juga, keluarga kami di Indonesia selalu menyajikan ketan (ulen) yang di goreng maupun dibakar…mhmm nyoba nanya-nanya ah cara buatnya😀

– Ketupat alias lontong, hiks !
– Opor ayam kampung, hiks juga ! soalnya gak ada ayam kampung disini
– Rendang daging (pesenan Rafdi)
– Sambal goreng kentang&hati sapi ala mamah banget
– Sayurannya tumis jagung muda kapri
– Ketan ulen
– Coctail buah rozen rose
– Kaastengels
– Yang juga special insyaallah mau bikin Avocado cheese cake…dengan catatan kalo sempet dan gak gagal hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s